Get Adobe Flash player

Monthly Archives: October 2009

Pekan Komik & Animasi Nasional digelar di Solo

Untuk kali pertama, Pekan Komik dan Animasi Nasional bakal digelar di Kota Bengawan. Perhelatan yang akan dihadiri komikus dan animator dari berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, serta Solo tersebut akan diselenggarakan Selasa-Minggu (20-25/10) mendatang.
”Festival untuk para komikus dan animator yang bertaraf nasional jarang sekali digelar. Maka kegiatan ini termasuk kesempatan langka yang tidak boleh disia-siakan,” papar ketua pelaksana, Agus Medi Prakosa kepada Espos, Selasa (29/9), di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Acara yang diprakarsai oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata tersebut akan dihelat di Taman Budaya Sukarta (TBS). Medi membeberkan, akan ada rangkaian kegiatan menarik untuk mengisi event tersebut. Antara lain, diskusi, workshop, pameran, launching komik dan animasi, hingga lomba membuat komik pendek dan animasi berdurasi pendek.
”Para peserta dari berbagai daerah sudah mulai memberikan konfirmasi kepada panitia. Acara dua tahun sekali ini selalu mendapat respons tinggi dari pencinta komik dan animasi,” jelas pengajar di Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR), UNS tersebut.
Lebih jauh Medi memaparkan, dalam Pekan Komik dan Animasi Nasional, tak hanya melibatkan personal saja. Tetapi juga komunitas dan lembaga-lembaga pendidikan yang menggeluti dunia seni itu.
Ditemui terpisah, salah satu kurator Pekan Komik dan Animasi Nasional, Albertus Rusputranto Ponco Anggoro atau yang akrab disapa Titus, menyatakan tema yang akan dipergunakan dalam gelaran itu adalah mengenai perkotaan. Diangkatnya tema tersebut, sebab selama ini komik dan animasi sangat dekat dengan lingkungan perkotaan. – Oleh : hkt

Lowongan CPNS Depdiknas 2.565 Orang

Jakarta, Selasa (15 September 2009)-Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) pada 2009 akan menerima 2.565 orang…

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Alokasi sumber daya manusia (SDM) tersebut untuk memenuhi kebutuhan kurang lebih 1.700 orang formasi dosen dan selebihnya sekitar 800 orang untuk tenaga teknisi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Depdiknas Mashuri Maschab saat memberikan keterangan pers di Gerai Informasi dan Media, Depdiknas, Jakarta, Selasa (15/09/2009).

Hadir pada acara Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Depdiknas Hindun Basri Purba dan Kepala Pusat Informasi dan Humas Depdiknas M.Muhadjir.

Mashuri mengatakan, pada 2009 Depdiknas memberikan porsi yang agak banyak bagi kebutuhan tenaga teknisi. Hal ini, kata dia, dilakukan untuk mengimbangi tenaga-tenaga teknis non-dosen yang diperlukan di perguruan tinggi dan di kantor Depdiknas. “Kita juga butuh tenaga-tenaga terampil,” katanya.

Biro kepegawaian, lanjut Mashuri, akan menyelenggarakan seleksi dasar secara nasional untuk memperoleh kualifikasi minimal bagi seorang CPNS. Seleksi tahap kedua adalah seleksi substansi di bidang tugas masing-masing. “Persyaratan untuk melamar di Depdiknas sangat sederhana,” katanya.

Pertama, kata Mashuri, surat lamaran ditulis dengan tangan ditujukan kepada Menteri. Kemudian melengkapi foto copy ijazah yang disahkan dan pas photo 3X4. Setelah dinyatakan diterima kemudian calon diminta melengkapi kartu kuning, catatan kepolisian, dan keterangan sehat. Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman www.depdiknas.go.id dan di papan pengumuman Depdiknas.

Hindun mengatakan, khusus penerimaan CPNS di lingkup Sekretariat Jenderal Depdiknas informasi pendaftaran dimulai 14 September-6 Oktober 2009. Lokasi pendaftaran dan penyerahan berkas dilakukan di Pusdiklat Pegawai Jalan Cinangka Km.19 Sawangan, Depok. “Kuota total 82 orang terdiri atas 75 untuk di Depdiknas, Senayan, empat di Balai Grafika Medan, dan tiga di Balai Grafika Makassar,” katanya.*** -GIM-

Sumber : Depdiknas