Get Adobe Flash player

Monthly Archives: April 2011

Profil Prodi

Program Studi Pendidikan Seni Rupa merupakan bagian dari lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang keberadaannya di bawah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Adanya kekuatan besar yang ada di Program Studi Pendidikan Seni Rupa ternyata belum memberikan kontribusi yang signifikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, tapi setidaknya kita tahu adanya suatu kekuatan besar yang bisa dioptimalkan untuk menjadi suatu tujuan besar. Jika kualitas dilihat dari pendeknya masa tunggu lulusan untuk bekerja maupun keberadaan alumni yang tersebar di berbagai instansi baik negeri maupun swasta, tentunya dengan berani dapat dikatakan kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Seni Rupa cukup dapat diandalkan. Akan tetapi apabila dilihat dari lama studi maupun Indeks Prestasi Komulatif yang diperoleh mahasiswa, ternyata kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Seni Rupa masih belum tinggi.
Dukungan sumber daya manusia yang ada di Program Studi Pendidikan Seni Rupa cukup baik. Kualifikasi dosen menurut jenjang pendidikan terdiri dari 14 dosen tetap (4 dosen berpendidikan S1, 2 dosen diantaranya sedang menyelesaikan studi jenjang S2, 10 dosen berpendidikan S2, 3 dosen diantaranya sedang menyelesaikan studi jenjang S3). Sebagian besar dosen merupakan tenaga muda yang potensial untuk pengembangan program studi serta mempunyai kualifikasi keilmuan yang beragam, sehingga memperkaya wawasan keilmuan ditingkat program studi. Untuk lebih dapat meningkatkan kualitas program studi, beberapa hal yang telah dan akan terus diupayakan adalah: (1) Meningkatkan kualitas dosen dengan terus mengirimkan dosen-dosen untuk studi lanjut, baik di jenjang S2 maupun di jenjang S3, baik untuk bidang seni rupa maupun bidang kependidikan, (2) meningkatkan kualitas proses belajar mengajar melalui berbagai lokakarya, misalnya lokakarya penyusunan kurikulum, GBPP, silabi, pembimbingan skripsi/seminar, pembuatan SAP, dan sebagainya, (3) menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan karya ilmiah, (4) mengirimkan dosen sebagai pemakalah pada seminar-seminar, baik lokal maupun nasional, dan (5) membimbing dan mengadakan dialog-dialog dengan mahasiswa dengan tujuan agar para mahasiswa dapat cepat menyelesaikan kuliah dengan IP yang semakin tinggi.