Lulusan/Alumni

Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UNS memiliki kepengurusan himpunan alumni yang diberi nama Ikatan Keluarga Pendidikan Seni Rupa (IKAPSERA). Saat ini IKAPSERA diketuai oleh Lilik Darmasto. Adapun kegiatan himpunan alumni antara lain :

  1. Mengadakan pameran bersama, baik seluruh angkatan maupun per angkatan.
  2. Mengadakan sharing dunia kerja antara alumni dan mahasiswa, terutama mahasiswa yang akan lulus.
  3. Mengadakan sarasehan mengenai pendidikan seni.
  4. Pemberian informasi lapangan/lowongan/kebutuhan tenaga kerja bagi para alumni yang baru saja lulus.
  5. Mengadakan pertemuan alumni terutama per angkatan.

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut himpunan alumni memberikan kontribusi dalam membangun jejaring terutama dengan alumni yang memiliki posisi penting di jajaran birokrasi yang membidangi pendidikan seni rupa. Berawal dari terbentuknya jejaring tersebut, Prodi mendapatkan kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan mengembangkan pendidikan seni rupa dengan melibatkan alumni didalamnya. Selain dalam bentuk kontribusi dalam membangun jejaring, alumni juga menyumbangkan dalam bentuk dana yang dikelola prodi digunakan untuk pembelian buku perpustakaan prodi seni rupa. Hal tersebut dapat mengikat antara alumni dengan prodi seni rupa dan mahasiswa yang masih aktif dengan memanfaatkan sumbangan-sumbangan dalam bentuk buku yang dikelola perpustakaan prodi seni rupa.

 

3.4.1. Partisipasi  alumni dalam mendukung pengembangan akademik dan non akademik program studi.

No Kegiatan Akademik Non Akademik
1 Sumbangan dana Pemberian sumbangan dana untuk kegiatan pameran seni rupa sejumlah 15 juta rupiah. 1.    Memberikan dana konsumsi untuk penyelengaraan kegiatan mahasiswa

2.    Memberikan dana untuk mendukung pertemuan dengan alumni.

2 Sumbangan fasilitas 1.      Memberi sumbangan berupa kamera DSLR, kamera mirrorless, dan tripod untuk praktek kuliah fotografi.

2.      Memberi sumbangan buku referensi yang disumbangkan melalui perpustakaan UNS.

Memberi sumbangan printer untuk kepentingan Himproser.
3 Keterlibatan dalam kegiatan 1.    Menjadi peserta pameran dengan melibatkan siswa di Sekolah di mana alumni mengajar.

2.    Menjadi dosen tamu.

1.      Menjadi pembicara dalam kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (OSMARU)

2.      Best Practice alumni kepada mahasiswa Prodi PSR.

4 Pengembangan jejaring Membangun jejaring kerja dalam pelaksanaan magang kependidikan dan profesi, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Memberi informasi pekerjaan kepada sesama alumi Prodi PSR.
5 Penyediaan fasilitas untuk kegiatan Penyediaan fasilitas dalam penyelenggaraan kegiatan di luar kampus seperti pameran. Penyediaan alat untuk kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa seperti peralatan musik untuk kelompok seni budaya “Keseso” dan dalam penyelenggaraan kegiatan “Art Educhord”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *