Tracer Study

Keberadaan suatu perguruan tinggi tidak lepas dari para alumninya. Diantara peran alumni yang dirasakan manfaatnya adalah peningkatan mutu proses pembelajaran dan kemudahan para lulusan dalam mencari pekerjaan. Melihat peran alumni yang demikian besar, maka sistem pelacakan alumni (tracer study) harus didesain sebaik mungkin sehingga mekanismenya akan memudahkan alumni berinteraksi dengan almamaternya.

Metode, proses dan mekanisme pelacakan alumni yang dilakukan di Prodi PSR adalah melalui tracer study online fakultas. Adapun mekanisme tracer study online adalah sebagai berikut :

  1. Membuka website http://legalisir.fkip.uns.ac.id
  2. Mengisi identitas dan data dengan lengkap pada fitur tracer study.
  3. Prodi meminta rekapitulasi tracer study ke bagian Sub Bag Perencanaan dan Sistem Informasi

Berikut hasil tracer study Prodi PSR

 

Tahun Jumlah Lulusan yang terlacak Rata-Rata Masa Tunggu Instansi Bekerja
Pendidikan Non Pendidikan Belum Bekerja
2016 65 3 54 83,08 % 11 16,92 %
2017 38 3 33 86,84 % 5 13,16 %
2018 26 3 22 84,62 % 4 15,38 %

Dari hasil pelacakan tersebut dapat diketahui bahwa masa tunggu masa tunggu bagi lulusan untuk memperoleh pekerjaan adalah 3 bulan. Rata-rata lulusan bekerja sesuai dengan bidang ilmunya yaitu menjadi guru di tingkat, SMP maupun di SMA. Sebagian yang lain bekerja sebagai desainer, percetakan, dan berwirausaha di bidang industri kreatif.

Bentuk tindak lanjut hasil pelacakan alumni antara lain untuk perbaikan:

  • Proses pembelajaran,

Hasil tracer study digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Berdasarkan masukan dari para alumni, maka diberikan bekal kepada mahasiswa tentang kemampuan bahasa inggris, kewirausahaan, etika dan kepribadian, kemampuan dalam hal mengajar dengan model-model pembelajaran inovatif sehingga mampu meningkatkan daya saing mahasiswa di dunia kerja nantinya.

 

  • Penggalangan dana,

Lulusan Prodi PSR yang telah berkarier di berbagai bidang diundang dalam kegiatan kuliah umum Alumni dan Mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut, alumni juga memberikan bantuan baik berupa uang atau barang. Bantuan yang telah diterima dari alumni antara lain:

  1. 1 (Satu) unit kamera Mirrorless untuk kuliah fotografi.
  2. 1 (Satu) Unit kamera DSLR untuk mata kuliah fotografi
  3. 1 (satu) unit Tripod

 

(3)  Informasi pekerjaan,

Tracer study juga digunakan sebagai  sarana untuk memperoleh informasi pekerjaan bagi para alumni. Alumni yang telah bekerja dalam suatu  instansi akan mengirimkan informasi secara online maupun offline kepada mahasiswa dan juga dosen Prodi PSR kemudian informasi tersebut disebarluaskan kepada alumni PSR yang baru saja lulus dan belum mendapatkan pekerjaan. Beberapa alumni yang telah memberikan informasi pekerjaan adalah:

  1. Lilik Darmasto, S.Pd. dari SMA Insan Cendekia. Saat ini ada lulusan yang masuk menjadi guru di tingkat SMP yang dikelola oleh yayasan Insan Cendekia.
  2. Rhajid Budiarto, S.Pd. sebagai kepala bagian Desain di Batik Ndalem Gondosuli Laweyan memberikan informasi tentang pekerjaan sebagai desainer batik di perusahaan tersebut.
  3. Ferri Mega Nanda, S.Pd. guru dari SMA N 3 Surakarta.
  4. Awit Khumanggana, S.Pd. dari SMP Lazuardi Kamila Surakarta.
  5. Dikky Mahendra Affandi, S.Pd. dari SMP N 1 Polokarto Sukoharjo.

 

(4)   Memperluas jejaring

Hasil tracer study juga digunakan sebagai  sarana  menyerap informasi mengenai dunia usaha dan  industri, sekolah, atau institusi yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Seni Rupa. Informasi tersebut dapat digunakan untuk kepentingan magang/ kunjungan mahasiswa untuk memperkaya pengetahuan lapangan. Selain itu, jejaring dibangun melalui akun Whatsapp pada masing-masing angkatan, juga Whatsapp Art Educare yang beranggotakan alumni dan mahasiswa beragam angkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *