Sistem Informasi

Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan program studi untuk proses pembelajaran diatur dalam SK Rektor No. 120/H27/HK2011 tentang Pengelolaan Manajemen Pengetahuan dan Sistem Informasi Universitas Sebelas Maret.

 

Komputer Terhubung Jaringan Internet (Hardware)

Sistem informasi untuk proses pembelajaran sudah dikembangkan berbasis pada sistem IT terintegrasi yang mampu mengintegrasikan seluruh proses akademik di tingkat universitas. Sistem informasi yang dioperasikan terhubung dengan Fiber Optic (FO) dengan bandwidth 1750 Mbps dengan ASTINET dan IP Transit PT Telkom sebagai provider layanan. Gedung-gedung yang digunakan untuk proses pembelajaran didukung dengan fasilitas Access Point (AP) yang memungkinkan setiap sudut ruang terhubung dengan jaringan media nirkabel (Wireless). Total bandwidth yang dimiliki UNS adalah 1750 Mbps atau 1.750.000 Kbps dengan jumlah mahasiswa 34.812 mahasiswa sehingga jumlah bandwidth per mahasiswa sebesar 50.27 Kbps. Melalui manajemen Single Sign On (SSO), seluruh civitas akademika dapat memanfaatkan fasilitas jaringan (free hotspot) tersebut di mana pun berada hanya dengan satu akun dengan kecepatan yang merata. Fasilitas ini tentu sangat efektif dalam menunjang proses pembelajaran mahasiswa. Berikut adalah beberapa tautan yang menghubungkan komputer dengan jaringan internet di UNS.

 

  1. Single Sign On (SSO) (https://sso.uns.ac.id)

 

Single Sign On (SSO) adalah sistem Universitas Sebelas Maret (UNS) yang memungkinkan civitas akademika UNS untuk dapat mengakses fasilitas aplikasi dan layanan yang ada di UNS dengan melakukan proses otentifikasi satu kali saja dengan menggunakan akun email UNS. Akun email UNS (@staff.uns.ac.id untuk staff dan @student.uns.ac.id untuk mahasiswa) bisa didapatkan dengan melakukan aktivasi di website Profil di alamat http://profil.uns.ac.id.

 

  1. IRIS1103 (https://iris1103.uns.ac.id/)

 

IRIS1103 (Intelligent Research and Innovation Services 1103) merupakan Portal Penelitian dan Pengabdian yang dikembangkan oleh LPPM pada tahun 2013. Melalui aplikasi ini diharapkan LPPM mampu memberikan layanan kepada dosen baik sebagai peneliti maupun pengabdi dari segi pemasukan data proposal hingga laporan akhir dan luaran serta informasi-informasi penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang ada di UNS secara online dan terintegrasi. Dosen juga dapat melihat perkembangan penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan dari manapun dan kapanpun, sehingga informasi yang ada dapat diakses dengan mudah. Selain itu hasil penelitian dapat dengan cepat di publikasikan dengan media web sehingga hasil penelitian yang telah dilakukan akan lebih bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

 

  1. Sistem Akademik (http://siakad.uns.ac.id)

Sistem Akademik (siakad) UNS merupakan layanan berbasis daring untuk semua civitas akademika UNS. Sistem ini memberikan layanan untuk mengakses segala sesuatu yang diperlukan untuk kaitannya dengan hal akademik. Mahasiswa menggunakan sistem ini sebagai sarana untuk mengambil mata kuliah serta mendapatkan informasi terkait dengan progresivitas akademiknya, seperti informasi tentang indeks prestasi dan konsultasi. Lain halnya dengan mahasiswa, para admin program studi menggunakan fasilitas ini sebagai sarana untuk menginput dan mengatur perkuliahan dalam tahun akademik tertentu. Admin program studi mengatur jadwal kuliah beserta dosen dan ruangannya melalui sistem ini.

 

  1. UNS Open Course Ware (OCW) (https://ocw.uns.ac.id)

 

UNS OpenCourseWare (OCW) adalah publikasi sumber daya pembelajaran berbasis web yang bebas digunakan oleh dosen dan mahasiswa di seluruh dunia. Diharapkan OCW Universitas Sebelas Maret dapat membantu mahasiswa yang sedang mencari materi kuliah tambahan, serta beberapa informasi pendukung mengenai suatu matakuliah yang ada.

 

  1. Sistem Pembelajaran Daring (Spada) UNS (http://spada.uns.ac.id)

Spada merupakan sistem pembelajaran daring yang dikembangkan oleh UNS pada tahun 2018 sebagai pengganti dari sistem e-learning sebelumnya, yaitu http://elearning.uns.ac.id. E-learning atau pembelajaran elektronik merupakan sebuah fasilitas yang dimiliki oleh UNS dalam rangka memberikan layanan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran secara daring. Dengan adanya layanan ini, mahasiswa mendapatkan materi perkuliahan secara daring dan dapat diakses secara jarak jauh.

 

 

Fasilitas Software

Program studi memiliki fasilitas software Microsoft Campus Agreement yang digunakan untuk kebutuhan pengoperasian sistem operasi, aplikasi perkantoran, dan database. Software-software berlisensi yang saat ini dimiliki oleh program studi antara lain (1) Office 365 Education for Faculty (Untuk Dosen dan Staff); (2) Office 365 Education for Student; (3) Microsoft Classroom; (4) Windows Server; (5) Windows Client. Selain Microsoft, sistem informasi di program studi juga didukung oleh lisensi Oracle 12G yang dimiliki universitas. Aplikasi oracle ini digunakan untuk mengembangkan database enterprise yang berskala besar.

 

Fasilitas e-Learning (http akses jurnal)

Fasilitas e-learning yang digunakan oleh program studi untuk proses pembelajaran dikembangkan melalui dua sistem, yaitu Sistem Informasi akademik (siakad) (https://siakad.uns.ac.id) dan one course ware (OCW) (http://ocw.uns.ac.id). Siakad merupakan sistem informasi yang berlaku di universitas secara umum untuk mendukung pelaksanaan registrasi akademik, proses evaluasi, dan pelaporan penyelenggaraan pendidikan.

Sistem informasi yang dikembangkan dapat diakses oleh semua komponen, mulai dari mahasiswa, dosen, dan staff sesuai dengan hak akses yang sudah diberikan. Setiap mahasiswa dapat melihat transaksi pembayaran, nilai masing-masing real time. Dosen dapat menginput dan memonitoring nilai mata kuliah yang diampu dan nilai mahasiswa bimbingan akademik, sedangkan Kepala Program Studi dapat memonitoring seluruh aktivitas di program studi masing-masing.

Selain berbasis Siakad, untuk fasilitas e-learning saat ini sudah dikembangkan sistem pembelajaran daring (Spada) dengan alamat http://spada.uns.ac.id. Spada merupakan sistem pembelajaran daring yang dikembangkan oleh UNS pada tahun 2018 sebagai pengganti dari sistem e-learning sebelumnya, yaitu http://elearning.uns.ac.id. Setiap dosen diwajibkan mengembangkan sistem pembelajaran daring ini minimal satu mata kuliah, berdasarkan kebijakan rektor. Spada ini merupakan sebuah fasilitas yang dimiliki oleh UNS dalam rangka memberikan layanan akademik bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran secara daring. Dengan adanya layanan ini, mahasiswa mendapatkan materi perkuliahan secara daring dan dapat diakses secara jarak jauh.

 

Fasilitas Perpustakaan

Perpustakaan UNS hadir memberikan layanan yang dekat dengan masyarakat, khususnya mahasiswa UNS. Hal ini diwujudkan dengan adanya laman https://library.uns.ac.id/ yang menyediakan segala informasi tentang sumber-sumber pustaka yang dimiliki oleh UNS. Sumber-sumber pustaka yang dimiliki mencapai ratusan ribu dan dapat diakses secara daring. Layanan ini tentu saja sangat membantu para mahasiswa untuk mudah dalam mendapatkan tentang sumber pustaka yang mereka perlukan. Sumber pustaka yang dimiliki pun tidak sebatas buku cetak, melainkan buku elektronik, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional bereputasi, dan prosiding seminar yang dapat diakses secara daring.

Fasilitas perpustakaan yang dimiliki oleh program studi sangat optimal dalam mendukung proses pembelajaran mahasiswa. Perpustakaan UNS menyediakan bahan pustaka (buku, jurnal, disertasi, dsb.) yang sangat mencukupi, fasilitas ruang baca yang sangat nyaman, serta pelayanan yang sangat optimal. Sesuai dengan Peraturan Rektor No. 20 Tahun 2017 mengenai Layanan Perpustakan UNS, perpustakaan melayani kebutuhan pemustaka dari hari Senin-Sabtu, mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Selain itu, aksesibilitas dan pemanfaatan bahan pustaka sangat mudah dan dapat dilakukan 24 jam melalui laman http://library.uns.ac.id. Kemudahan mencari bahan pustaka dapat dilihat pada OPAC yang disediakan di perpustakaan. Dalam rangka pengayaan bahan pustaka untuk mendukung tri dharma perguruan tinggi, perpustakaan UNS juga telah melanggan elektronik journal (e-journal) sciencedirect, scopus, sekitar 11.575 judul jurnal  dan elektronik book (e-book) sejumlah 3.779 judul buku yang dapat diakses melalui laman http://library.uns.ac.id. Kemudian untuk bahan pustaka cetak dapat diakses langsung ke perpustakaan UNS yang tersebar di 8 lantai sesuai dengan koleksi masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *